1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer
FacebookTwitter

Mengurai Kompleksitas Perdagangan Ilegal Satwa Liar

Pada kesempatan kali ini, dalam mendukung proses tim Perkumpulan SKALA dalam menyusun buku tentang potret perdagangan ilegal satwa liar (PISL), kami berbincang dengan salah seorang pakar di bidang biologi konservasi, yaitu Samedi, Ph.D.

Read more...

Keterbukaan Data Kantor Pemerintahan

Konsep “smart city” tengah gencar dilakukan di berapa daerah di Indonesia, khususnya Jakarta. Penerapan konsep ini adalah dengan memanfaatkan teknologi dan komunikasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Untuk itu diperlukan data untuk mengerti bagaimana kota itu dijalankan.

Read more...

Kebahagiaan Menurut Psikologi Positif

Sejak kecil kita telah akrab dengan kata “kebahagiaan.” Sering kita dengar bahwa kebahagiaan akan datang jika kita sukses. Kita akan bahagia jika mendapatkan pasangan yang tepat. Kita akan bahagia jika mendapatkan pekerjaan yang bagus. Kita akan bahagia jika menjadi orang kaya. Begitu seterusnya. Apakah betul begitu? Apakah betul setelah kita mendapatkan apa yang kita cita-citakan atau apa yang kita inginkan, kita menjadi bahagia?

Read more...

Mengenal Psikologi Positif

Mungkin belum banyak dari kita mengenal sebuah cabang ilmu dari psikologi ini. Tidak heran. Meski telah muncul dari dua dekade terakhir, namun “Psikologi Positif” sendiri baru mulai memasuki arus utama secara internasional dalam sepuluh terakhir belakangan. Jadi apa itu Psikologi Positif?

Read more...

Proud Mentawai: Sebuah diskusi publik, pameran foto, & pentas budaya untuk Mentawai

Perkumpulan Skala bersama Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) sebagai mitra serta dukungan dari The Samdhana Institute, Platform Nasional Pengurangan Risiko Bencana (Planas PRB), dan DisasterChannel.co menyelenggarakan sebuah diskusi publik, pameran foto, dan pentas budaya bertajuk Mentawai di Jakarta pada awal tahun baru 2016 (07/01/2016).

Read more...

Menyoroti Peran Masyarakat Adat dan Media dalam Peringatan PRB 2015

Kali ini, Peringatan Hari Pengurangan Risiko Bencana (PRB) mengambil tema spesial, yaitu “PRB untuk Pembangunan yang Berkelanjutan.” Acara yang dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, diselenggarakan di Solo dan turut pula dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo, mewakili Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir untuk meresmikan pembukaan pada Jumat, 16 Oktober 2015 di The Sunan Hotel.

Read more...

Partners