1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer
FacebookTwitter

Menyambut Kehadiran Portal Bencana Terpadu

Bencana memang sulit diprediksi dan mungkin saja tak bisa dicegah. Namun, risiko dan dampak dari peristiwa bencana selalu dapat diantisipasi. Persitiwa gempa bumi dan tsunami yang melanda Aceh dan sekitarnya satu dekade lalu tentu menjadi pembelajaran berharga bagaimana informasi seputar bencana (peringatan dini) berkejaran dengan waktu dan kemendesakan untuk pengelolaan informasi. Atau pada situasi lain, adalah bagaimana kita kemudian mengelola kearifan lokal terkait bencana yang telah ada sejak dulu dan hingga kini di mana sebagian besar kearifan tersebut masih hidup di tengah-tengah masyarakat adat di Nusantara. Kearifan lokal adalah peluang bagi kekhasan Indonesia yang kaya akan budaya untuk bisa dikelola dengan baik dan menjawab tantangan sekaligus solusi masalah pengurangan risiko bencana yang bersinggungan dengan isu-isu global, seperti adaptasi perubahan iklim, krisis air, dan lainnya.

Kabar baik itu datang belum lama ini. Tepatnya pada bulan Juli 2015 lalu, atas inisiatif sejumlah lembaga dan para penggiat bencana, telah hadir sebuah media baru yang spesifik menyajikan informasi secara terpadu mengenai isu kebencanaan secara khusus dan isu-isu lain yang bersinggungan erat dengan bencana secara umum.

DisasterChannel.co bisa dikatakan sebagai pionir dan satu-satunya portal khusus kebencanaan di Indonesia saat ini dengan tujuan untuk mereduksi dampak bencana. Inisiatif terhadap kelahirannya dimunculkan oleh Planas PRB, Perkumpulan Skala (Skala), BPPT, dan Tempo.

“Karena Pengurangan risiko bencana adalah bisnis semua orang, sehingga informasi menjadi hal yang penting. Dari sanalah timbul ide untuk membuat sebuah media atau memberikan informasi soal PRB. Apalagi negara kita adalah tak hanya supermarket bencana, tetapi pula menyimpan pengetahuan, termasuk kearifan lokal. Disasterchannel.co menjadi media yang penting dan perlu,” ungkap Trinirmalaningrum, Sekjen Planas PRB sekaligus Direktur Eksekutif Skala.

Ke depannya, DisasterChannel.co sebagai sebuah portal kebencanaan tak hanya akan melakukan pengelolaan pengetahuan bencana saja, tetapi juga dapat menjadi wadah bagi pertukaran informasi, kerja-kerja, serta membangun jejaring terhadap seluruh pihak terkait kebencanaan di Indonesia.

Kunjungi DisasterChannel.co.

Partners