1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer
FacebookTwitter

Lombok Bangkit, Skala bersama CSR Sampoerna untuk Indonesia Gelar Pelatihan Batik Shibori

Perkumpulan Skala bersama CSR Sampoerna untuk Indonesia pekan ini memberikan Layanan Dukungan Psikososial bagi korban gempa di Lombok melalui pelatihan membatik teknik shibori.

Pelatihan tersebut merupakan rangkaian dari Progam Lombok Build Back Better yang diinisiasi oleh CSR Sampoerna Untuk Indonesia dan Perkumpulan Skala dalam rangka berpartisipasi dalam masa recovery Lombok pasca gempa 6,4 SR yang menghantam Lombok pada 29 Juli 2018 dan gempa susulan 7 SR pada 5 Agustus 2018.

Pelatihan-Batik
Pelatihan ini diikuti warga korban Lombok terutama kalangan ibu-ibu dan kalangan remaja. “Batik Shibori bisa melatih perasaan sabar, tenang, fokus dan hasil akhirnya memberikan efek kepuasaan dan membangkitkan perasaan senang serta gembira.” kata fasilitator Pelatihan Batik Shibori Agus Priyono, Rabu (21/11/2018).

Pelatihan batik Shibori ini dilakukan di sekretariat Perkumpulan Skala di Tanjung, Lombok Utara pada Rabu-Kamis (21-22/11/2018) dengan peserta dari Desa Sandik dan Desa Selengan.
Sedangkan pada hari Jumat-Sabtu (23-24/11/2018) dilaksanakan di Desa Sembalun dengan peserta dari Desa Obel-Obel dan Desa Sembalun Bumbung.(Santi/Wan)

Ketika Pemuda Bicara Bencana

Banyak hal telah dilalui oleh Jakarta sebagai sebuah metropolitan dan ibukota. Termasuk di antaranya, tentu adalah serangkaian kejadian bencana dan ancaman yang mungkin masih akan mengiringi perkembangannya menjadi kota yang terus membangun dan melangkah maju. Ada banyak hal telah dilalui untuk bertahan dari berbagai peristiwa, begitu pula ada lebih banyak kerja nyata yang selalu terus diupayakan untuk bersama membangun kota yang tangguh bencana.

Read more...

Sektor Privat Merespon Isu Global

Pada Rabu, 05 Oktober 2016 lalu, Perkumpulan SKALA (SKALA) menyelenggarakan sebuah workshop bertajuk “Sektor Privat Merespon Isu Global: Pembelajaran Indonesia dan Jepang.” Kegiatan tersebut merupakan upaya yang dilakukan SKALA untuk membuka ruang dialog dan potensi kemitraan yang lebih baik bagi lembaga usaha bersama dengan akademisi, sektor pemerintah, dan organisasi masyarakat sipil, terutama di bidang kebencanaan.

Read more...

Workshop Jurnalisme Bencana Bersama Pemuda

Melihatnya pentingnya peran dan partisipasi pemuda dalam hal pengelolaan bencana, Perkumpulan SKALA (SKALA) bersama DisasterChannel.co, Open Data Labs, dan Planas PRB (Pengurangan Risiko Bencana) menyelanggarakan workshop jurnalistik bagi para pemuda selama dua hari dengan tema “Jurnalisme Bencana Berbasis Data” di Jakarta pada Rabu, 09 November dan Senin, 14 November 2016 di Jakarta.

Read more...

Peran dan Tantangan Sektor Privat dalam Bencana

Kemitraan dan sinergi menjadi kata kunci ketika kita membicarakan tentang kolaborasi multi-pihak terhadap kebencanaan, termasuk di dalamnya adalah keterlibatan sektor privat. Ada begitu banyak potensi yang bisa digali dengan melibatkan dunia usaha terkait dengan upaya pengurangan risiko bencana (PRB) maupun manajemen bencana. Namun juga tak sedikit tantangan yang kita hadapai dalam mengoptimalkan peran-peran strategis mereka untuk bekerja sama.

Read more...

Partners