1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer
FacebookTwitter

Pembelajaran dari Jakarta Sebagai Kota Cerdas

Mungkin banyak dari kita sebagai warga urban Jakarta dan sekitarnya telah akrab dengan sebutan “Jakarta Smart City” yang terintegrasi dengan smartphone (telepon pintar). Sebagian kalangan merasa terbantu dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam beraktivitas di ibukota. Lalu, setelah konsep diimplementasikan, seperti apa kemudian program tersebut dapat menunjuang keterbukaan data di Jakarta selama ini?

Read more...

Stop Beli Kukang Sekarang!

Senin malam (27/06/2016), kawan-kawan dari YIARI (Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia) telah bersiap menuju Suaka Margasatwa Gunung Sawal. Butuh waktu sekitar 7 jam perjalanan dengan mobil untuk menuju titik kumpul di Desa Tanjungsari, Sadananya, Ciamis. Dari situ, perjalanan masih dilanjutkan kembali dengan jarak 4,5 km dengan mobil pick-up yang kemudian disambung dengan berjalan menyusuri hutan. Tempat yang hendak dituju adalah kandang habituasi kukang.

Read more...

Tips Mengurangi Resiko Banjir

Mendekati musim hujan, yang mulai turun beberapa hari belakangan, kita khususnya warga Jakarta mulai dihantui rasa was-was akan datangnya banjir. Banjir yang seolah-olah sudah menjadi langganan saat hujan turun, memang benar-benar merepotkan.

Jakarta yang merupakan kota Internasional, seharusnya malu karena tiap tahun kebanjiran. Masih terbayang oleh kita banjir banding yang terjadi tahun 2002, dimana hamper seluruh jalan-jalan utama di Jakarta terendam air, bahkan Istana Negara ikut kebanjiran. Saat itu pemerintah DKI Jakarta mengatakan ini sudah menjadi siklus lima tahunan, akan tetapi setelah tahun 2002 banjir terus saja menghampiri Jakarta, siklus lima tahunan sekarang berubah menjadi siklus tahunan. Para ahli mengatakan kalau ini semua terjadi karena pemanasan global (global warming), entah itu benar atau tidak tetapi prilaku kita terhadap lingkungan sekitar kita juga mempengaruhi.

Mendekati musim hujan, yang mulai turun beberapa hari belakangan, kita khususnya warga Jakarta mulai dihantui rasa was-was akan datangnya banjir. Banjir yang seolah-olah sudah menjadi langganan saat hujan turun, memang benar-benar merepotkan.

Read more...

Mengelola Sampah, Mengelola Gaya Hidup

Potensi limbah plastik sebagai bahan komoditas mulai disadari para perlaku bisnis di Indonesia. Terbukti dengan munculnya industri-industri daur ulang plastik di Jakarta bahkan di Kalimantan. Tidak hanya membawa dampak positif bagi lingkungan, daur ulang plastik juga dapat membuka lapangan kerja baru, seperti tenaga sortir plastik, tenaga giling, tenaga pengepakan sampai staf administrasi dan keuangan.

Hanya saja industri ini sering terbentur kendala bahan baku akibat belum adanya kebijakan dari pemerintah untuk mengikut sertakan masyarakat sebagai konsumen untuk ikut berperan dalam daur ulang sampah. Pembuangan sampah yang tercampur seperti yang berlaku di Indonesia saat ini dapat merusak dan mengurangi nilai dari material yang mungkin masih bisa dimanfaatkan lagi. Bahan-bahan organik dapat mengkontaminasi bahan-bahan yang mungkin masih bisa didaur ulang.

Read more...

Partners