1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer
FacebookTwitter

Kearifan Lokal Indonesia untuk PRB (Indonesia’s Local Wisdoms for DRR)

Judul         : Kearifan Lokal Indonesia untuk PRB

Penulis       : IGG Maha Adi, Nurdiyansah Dalidjo, & Trinirmalaningrum

Penerbit     : Diterbitkan Perkumpulan Skala melalui kerja sama dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana)

_________________________________________________________________________________________________

Jauh sebelum kita mengenal sistem peringatan dini berbasis teknologi modern atau prosedur-prosedur operasional standar dalam tanggap darurat saat ini, banyak masyarakat adat kita telah memahami bagaimana cara mempersiapkan diri, melakukan upaya, bertindak dan merespons bencana alam, serta beradaptasi terhadap iklim yang terus berubah-ubah menggunakan cara-cara tradisional yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Melalui buku ini, Perkumpulan Skala membuka wacana terhadap kearifan lokal terkait kebencanaan.

Buku berjudul Kearifan Lokal Indonesia untuk PRB berisi kumpulan tulisan yang menggali kearifan lokal (indigenous knowledge) yang pernah ada atau masih tersisa di komunitas-komunitas adat di Nusantara. Melalui dukungan dari BNPB, tim mengunjungi komunitas adat yang menjadi anggota AMAN (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara) untuk menelaah kembali beragam kearifan lokal yang terkait dengan bencana.

Pada buku ini, kita dapat mengenal lagi serangkaian kearifan lokal yang terdapat di komunitas-komunitas adat, antara lain Ngata Toro di Sulawesi Tengah; Kasepuhan Ciptagelar (Kesatuan Adat Banten Kidul) di Sukabumi, Jawa Barat; masyarakat adat Dayak di Kalimantan Tengah; dan masyarakat adat di Nias, Sumatera Utara. Dalam gaya penulisan populer, buku ini tidak hanya memberikan rincian pada corak kearifan lokal terkait bencana saja, melainkan pula menggambarkan potret tentang masyarakat adat secara lebih dekat serta tantangan dan peluang pada pengembangan dan keberlanjutan kearifan lokal yang semakin terancam hilang.